Pages

Sabtu, 19 Januari 2013

Legitnya Olahan Kacang Merah

detail berita

KACANG yang kaya kalsium dan tinggi protein lezat diolah baik untuk makanan maupun minuman. Kali ini akan bereksperimen dengan kacang merah. Salah satunya dengan membuat cake kacang merah.

Kacang merah merupakan jenis kacang yang paling terkenal di dunia. Kacang ini lezat untuk makanan dan enak pula diolah sebagai minuman. Bahkan, dihidangkan sebagai suguhan manis seperti cake juga tak mengecewakan. Kacang merah biasa dikonsumsi ketika sudah benar-benar masak berupa kacang kering.Di Indonesia, kacang merah kering umumnya dimasak menjadi bubur,sup,atau campuran sayur, nasi tim, atau es.

Kacang merah pun sudah masuk dalam menu makanan pendamping ASI (MPASI) bagi bayi di atas 6 bulan. Kacang ini sangat dianjurkan,mengingat kandungan gizinya yang tinggi. Apa saja gizi yang terkandung di dalamnya? Ternyata, kacang merah kaya akan asam folat, kalsium, karbohidrat kompleks, serat, dan protein yang tergolong tinggi. Makanya, kacang merah amat direkomendasikan bagi ibu hamil karena tingginya kandungan asam folat.

Sementara, kandungan karbohidrat kompleks dan serat yang tinggi dalam kacang merah berkhasiat menurunkan kadar kolesterol darah. Kadar indeks glikemik kacang merah juga termasuk rendah sehingga menguntungkan penderita diabetes dan menurunkan risiko timbulnya diabetes. Termasuk bagi yang sedang menjalani diet karena tidak membuat gemuk, namun mengenyangkan.

Kacang merah kering adalah sumber karbohidrat kompleks, serat makanan (fiber), vitamin B (terutama asam folat dan vitamin B6), fosfor, mangan, besi, thiamin,dan protein. Setiap 100 gram kacang merah kering yang telah direbus dapat menyediakan 9 gram protein atau 17% dari angka kecukupan protein harian. Kandungan protein dalam kacang merah sudah lama diakui kontribusinya pada menu makanan sehari-hari.

Bahkan, kacang merah memasok kebutuhan protein hampir sama banyaknya dengan daging. Meski begitu, protein nabati yang terkandung dalam kacang merah tergolong protein tak lengkap karena kurang lengkapnya profil asam amino esensial. Untuk menyiasatinya,makan kacang merah bersama padi-padian atau sereal, produk susu, atau sejumlah kecil daging. Dengan begitu,tidak sulit untuk melengkapi kekurangan komponen protein (asam amino) yang terdapat pada kacang merah.

Kalau hari ini Anda berencana memasak sup,jangan lupa tambahkan kacang merah ke dalamnya. Untuk minumannya, coba membuat sendiri es kacang merah. Es khas Manado ini amat segar disantap di siang hari sebagai pencuci mulut. Boleh juga untuk iseng-iseng.Bahannya sendiri mudah didapat, kacang merah, kayu manis, air, gula merah, dan gula pasir sebagai bahan sirup.

Caranya mudah,pertama kacang merah bersama kayu manis direbus hingga lunak dan tiriskan.Selanjutnya rebus bahan sirup hingga mendidih lalu masukkan kacang merah. Jangan masukkan kacang merah ke dalam rebusan bahan sirup sebelum benar-benar mendidih. Setelah matang, sajikan es ini dengan susu kental manis dan es serut. Anda bisa menambahkan tapai jika suka. Untuk suguhan tamu atau sebagai kudapan, cake cokelat kacang merah bisa dibuat.

Kacang merah yang digunakan adalah kacang merah kering yang direbus dan dicincang kasar. Selain resep-resep tersebut, kacang merah juga sering dimasak menjadi selai manis yang digunakan sebagai pengisi beberapa kue ,seperti bakpau, kue bulan, kue moci, kue dorayaki, donat isi, dan lain-lain. Ada beberapa jenis kacang merah. Di antaranya red bean, kacang adzuki (kacang merah kecil), dan kidney bean (kacang merah besar). Selamat mencoba. (ftr)

Sumber

0 komentar:

Poskan Komentar